Thumbnail Hari Guru TOD

Mengingat Jasa Para Instruktur Dalam Mencerdaskan Calon Insan Tranpsortasi Tanah Air Melalui Hari Guru Nasional 2023

Hari Guru Nasional 2023 – (Tod Jogja) “Mengingat Jasa Para Instruktur Dalam Mencerdaskan Calon Insan Tranpsortasi Tanah Air Melalui Hari Peringatan Guru Nasional 2023.”

Hari Guru Nasional yang diperingati setiap 25 November 2023 merupakan hari yang dikhususkan bagi kita untuk mengingat jasa dan juga pengorbanan para guru kepada kita sebagai generasi penerus bangsa. Profesi yang sering disebut masyarakat disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa tersebut sering kali memang kita lupakan begitu saja peran pentingnya bagi masyarakat secara luas, mengingat profesi ini bukanlah profesi yang populer layaknya pilot, insinyur, dokter, dan juga profesi lainnya yang sering dicita – citakan oleh mayoritas anak – anak pada masyarakat kita. Padahal jika kita menganulir lebih jauh lagi tanpa adanya peran guru, mustahil bagi anak – anak generasi bangsa mewujudkan profesi populer yang mereka cita – citakan tersebut. Lebih jauh lagi guru juga bukan hanya merupakan sebuah profesi, melainkan juga sebagai peran keseharian kita yang sejatinya dapat dikatakan sebagai guru dalam berbagai kesempatan.

Seperti Bapak dan Ibu kita yang telah menjadi guru dengan mengajari banyak hal dalam proses tumbuh kembang kita semasa kanak – kanak hingga tumbuh menjadi dewasa, kita sendiri pun yang menjadi guru bagi teman kita yang butuh bimbingan sesuatu dari kita dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, dengan perannya yang begitu krusial dalam proses mencerdaskan bangsa, profesi seorang guru tentu tidak boleh dipandang sebelah mata begitu saja. Tantangan menjadi seorang guru pun juga tidak mudah, dimana dengan misinya dalam mencerdaskan bangsa seorang guru harus memahami secara betul bagaimana karakteristik dari setiap para siswanya, dengan begitu seorang guru dapat meracik metode yang tepat agar setiap materi yang diajarkan dapat diserap secara secara total oleh para siswanya tersebut. Metode pengajaran yang tepat tersebut juga harus dibarengi dengan penguasaan ilmu yang tentunya juga mengalami perkembangan pada setiap masanya.

Baca Juga : Kenapa Guru Disebut Pahlawan Tanpa Tanda Jasa?

Mengingat tanggung jawabnya yang begitu besar secara langsung terhadap peradaban bangsa, maka seorang guru juga dituntut memiliki wawasan serta kompetensi yang baik dan mumpuni sesuai dengan strata pendidikan yang diampunya masing – masing. Di Indonesia sendiri, profesi guru terbagi menjadi beberapa kategori seperti dosen dan guru besar yang mengampu pendidikan tingkat tinggi setingkat Strata 1 (S1), S2, dan S3 serta guru pada tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal inipun juga berlaku bagi dosen sekolah vokasi atau yang lebih dikenal sebagai instruktur ketika akan mengampu materi atau bahan ajar yang akan berikan kepada para siswanya di satuan lembaga pendidikan, termasuk pada Total Outsource Development (TOD) selaku lembaga pendidikan dan pelatihan (diklat) yang telah eksis di kota pelajar selama 15 tahun lamanya.

 

Instruktur TOD memberikan pembekalan pada siswa PKK TOD

Sumber : Arsip Dokumentasi TOD

Lembaga diklat Terakreditasi A dan telah berijin dari Kemendikbud RI ini memiliki berbagai macam instruktur yang siap mencerdaskan para calon insan transportasi tanah air yang handal serta kompeten. Mayoritas para instruktur tersebut merupakan para praktisi profesional yang berpengalaman dalam bidangnya masing – masing. Selain pengalaman, para instruktur yang ada juga dibekali dengan berbagai sertifikat kompetensi yang mampu menunjang kemampuan mereka dalam memberi materi bahan ajaran terbaik mereka, beberapa diantaranya yakni Personel Lisence atau Tanda Kecakapan Personil bagi para instruktur yang memiliki latar belakang sebagai Staf Bandara, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Trainer On Train (TOT).

Dengan berbagai sertifkat serta dokumen kecakapan lainnya maka tentu kita tidak perlu meragukan lagi kapasitas serta kapabilitas yang dimiliki para instrukutur tersebut. Para alumni yang telah tersebar luas dibeberapa perusahaan transportasi pun menjadi salah satu bagian kecil dari bukti nyata dedikasi secara total yang telah para instruktur TOD berikan. Oleh karenanya sudah sepantasnya bagi kita berterima kasih serta mengapresiasi setinggi – tingginya atas totalitas serta pengorbanan yang telah diberikan kepada para siswanya sekalian. Jadi apakah kalian siap ambil bagian menjadi salah satu insan transportasi Indonesia? 🙂

Informasi Pendaftaran TOD : klik disini.